|

Pengertian dan Tentang Diabetes Mellitus

KawandNews.com - Diabetes Mellitus adalah penyakit yang merupakan kelainan metabolik. Dalam keadaan sehat, glukosa didalam tubuh diubah menjadi kalori oleh pengaruh hormon insulin yang merupakan zat penting yang dibentuk di pankreas. Pada penyakit Diabetes Mellitus glukosa yang ada di dalam darah tidak termanfaatkan secara memadai, karena itu kadar glukosa dalam darah meningkat dan apabila sangat berlebihan akan ditemukan di urin (air seni) (Malingkas, 2008).
Diabetes Mellitus menurut Hasan (dalam Kartini, 2004) adalah penyakit yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh memproduksi atau menggunakan hormon insulin secara tepat.

Penyebab dan Gejala Diabetes Melitus (DM)
Malingkas (2008) berpendapat bahwa meskipun faktor-faktor genetika mempunyai pengaruh kuat dalam berkembangnya Diabetes Melitus (DM), beberapa pemicu tertentu dianggap sebagai penyebab diabetes, yaitu:
a. Makanan berlebihan dan kegemukan
b. Latihan fisik yang kurang
c. Kehamilan
d. Stress

Menurut Malingkas (2008) tanda-tanda dan gejala pada penderita DM, antara lain:
a. Perasaan cepat dahaga/haus dan lapar
b. Sering kencing, terutama pada malam hari sehingga mengganggu tidur
c. Penurunan berat badan yang cepat sedangkan nafsu makan berlebihan
d. Perasaan cepat lelah dan mengantuk
e. Sering merasa gatal-gatal di badan terutama pada bagian-bagian tubuh yang lembab.lipatan-lipatan, misalnya daerah kemaluan.
f. Penglihatan kabur, ditandai dengan sering berganti kacamata.
g. Mudah timbul bisul dengan kesembuhan yang lama.
h. Gairah seks menurun
i. Ibu yang melahirkan bayi lebih dari 4 kg.
j. Gejala diabetes melitus seperti sering berkemih dalam jumlah banyak (poliuri)
k. rasa haus dan lapar berlebihan sehingga penderita banyak minum (polidipsi) dan banyak makan (polifagi).
l. sering kali tidak disadari oleh penderita sampai muncul berbagai komplikasi ringan maupun berat yang dapat mengenai semua organ tubuh seperti pada mata, otak, ginjal, jantung, pembuluh darah, saraf, dan lain-lain.


Klasifikasi Diabetes Mellitus
Pradana (2003) menyatakan bahwa saat ini di dalam dunia kedokteran dikenal dua jenis Diabetes Mellitus yaitu:

a.Diabetes Mellitus tipe I
Disebut juga Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM), dimana pancreas penderita mengalami gangguan pada produksi hormon insulin oleh suatu bagian dari limpa. Hormon insulin ini membantu masuknya gula darah kedalam sel. Akibatnya dari kurangnya hormon insulin yang beredar dalam darah adalah:

1)Gula darah tidak masuk ke dalam sel sehingga sel kekurangan gula. Zat gula dibutuhkan untuk dipecah menjadi energi. Akibatnya penderita merasa lemas karena tenaga yang harus dihasilkan kurang dari yang dibutuhkan.

2)Kadar gula darah tinggi karena gula darah tidak masuk/terserap ke dalam sel.

3)Waktu darah melalui ginjal, sebagian gula darah akan “bocor” ke air kencing atau urine sehingga kadar gula dalam air kencing tinggi (Pradana, 2003).

Penderita Diabetes Mellitus tipe I terkena pada waktu kanak-kanak. Penderita tipe ini “harus” di bawah pengawasan dokter dan menggunakan insulin (disuntikkan) untuk membantu tubuh mengatur zat gula.

Penyebab dari Diabetes Mellitus tipe I belum diketahui secara pasti, pada penderita tipe I pankreasnya sejak lahir tidak menghasilkan hormon insulin. Akibatnya dari kecil sampai tua penderita tergantung dengan hormon insulin buatan yang harus disuntikan pada saat-saat tertentu. Diabetes Mellitus tipe I ini biasanya diturunkan oleh orang tuanya.

b.Diabetes Mellitus tipe II
Disebut juga Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM), di mana penderita tidak kekurangan insulin, tetapi ada resistensi dari sel otot maupun sel jaringan lemak untuk dimasuki gula darah.







Posted by Anggar Tombak on 21:38. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami Tim Redaksi Online KawandNews.com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Pengertian dan Tentang Diabetes Mellitus"


Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented