|

Macam-Macam Teknik Lempar Lembing

KawandNews.com - Teknik merupakan pelaksanaan gerakan secara efektif dan rasional yang memungkinkan pencapaian hasil yang maksimal di dalam preoimbaan ataupun pembelajaran. Suatu teknik selalu berkembang sesuai dengan tujuan dan peraturan olahraga dimana makin lama makin tinggi persaratannya. Kegunaan teknik dalam olahraga disamping untuk mencapai prestasi maksimal, juga biasa untuk mencegah terjadinya cidera.

Adapun teknik teknik dalam lembing diantaranya terdiri dari:


1)Cara memegang lembing
Tujuan dari memegang lembing ini adalah agar atlet dapat melakukan lemparan dengan benar dan efisien,sehingga lembing stabil saat melayang diudara
Berbagai cara memegang lembing berdasarkan cara menempatkan jari–jari tangan menurut Soenarjo Basoeki (2003: 96) dibedakan menjadi tiga cara, yaitu:
Cara Amerika
Letak ibu jari dan jari telunjuk saling bertemu dibelakang balutan (tempat pegangan) dan semua jari-jari pada lembing.
Cara Finlandia
Ibu jari ruas jari tengah saling bertemu di belakang pada tem pat pegangan sedangkan telunjuk lurus kebelakang di bawah lembing.
Cara menjepit (tang)
Jari telunjuk dan jari tengah menjepit lembing tepat di belakang tempat pegangan (balutan).

2)Cara membawa lembing
Yang dimaksud cara membawa lembing adalah cara membawa lembing pada saat melakukan lari mengambil awalan saat akan melempar lembing, menurut Soenarjo Basoeki, (2003: 97 ) dibedakan menjadi tiga yaitu:
Cara membawa lembing di bawah
Tangan yang membawa lembing lurus ke belakang serong ke bawah.Lembing dipegang di samping badan segaris dan menempel pada lengan,ujung lembing di samping dada.
Cara membawa lembing di atas bahu
Tangan yang membawa lembing dilipat ± 90°.Lembing dipegang setinggi telinga tepat di atas bahu .Posisi lembing dapat menuju sorong atas atau sorong bawah dan dapat pula lurus mendatar.
Cara memegang lembing di atas kepala
Seperti cara b (yang kedua), tetapi sikap tangan yang membawa lembing diangkat lebih tinggi lagi. Posisi lembing di atas kepala.





Posted by Anggar Tombak on 01:45. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami Tim Redaksi Online KawandNews.com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Macam-Macam Teknik Lempar Lembing"


Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented