|

Pengertian Smash Normal Dan Cara Melakukannya

Kawandnews.com - Setelah beberapa waktu yang lalu kami team memposting tentang Pengertian Permainan Bolavoli dan Cara dan Teknik Pelaksanaan Passing Bawah. Kali ini kawandnews akan mencoba memposting tentang Pengertian dan definisi Smash Normal.

Smash normal merupakan salah satu bentuk smash bolavoli yang sederhana dan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan jenis smash lainnya. Soedarwo dkk., (2000: 16) menyatakan:

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan smash normal adalah pada saat kapan smasher harus memukul bola di atas jaring. Pengambilan awalan adalah pada saat bola lepas dari tangan set-uper. Pada saat bola lepas dari tangan set-uper, dengan segera smasher bergerak ke arah bola dan sambil mengontrolnya. Sekiranya jarak dengan bola sudah cukup terjangkau lengan pemukul, maka segeralah smasher meloncat ke atas dan memukul bola. Bola dipukul dengan cepat dengan ketinggian bola kira-kira 3 meter di atas net.

Keberhasilan smash juga sangat tergantung kepada sempurna atau tidaknya set-uper di dalam memberikan umpan. Hal terpenting dalam menyajikan bola pada smash normal adalah bola harus cukup tinggi di atas net. Lambungan bola yang cukup tinggi akan memberi kemudahan bagi smasher untuk menjangkaunya. Lebih lanjut Soedarwo dkk., (2000: 16) hal yang harus diperhatikan dalam menyajikan smash normal yaitu:

  1. Lambungan bola harus cukup tinggi lebih dari 3 m dan bolanya dalam keadaan tenang.
  2. Usahakan agar bola selama menempuh lintasannya berjalan antara 20 sampai 30 cm jauhnya dari jaring.
  3. Usahakan jarak jatuhnya bola berada di sekitar daerah yang letaknya sejauh setengah jarak dari yang diukur dari tempat set-uper berdiri sampai kepada titik proyeksi dari tempat permulaan smasher mengambil awalan.
Menguasai teknik smash normal yang baik dan benar merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan smash normal.
Menurut A. Sarumpaet dkk., (1992: 99) teknik atau proses smash dibagi menjadi empat tahap yaitu:
1) Saat awalan
Teknik awalan smah normal yaitu, lari menghampiri bola kira-kira jarak 2,5 sampai 4 meter dari jatuhnya bola. Kedua langkah terakhir yang sangat menentukan. Pada saat take off harus memperhatikan dengan baik kedudukan kaki. Kaki yang akan take off berada lebih dahulu, dan kaki lain menyusul di tanah. Letak bahu kiri relatif akan selalu berada lebih dekat ke jaring daripada bahu kanan, kemudian dilanjutkan menolak.

2) Saat menolak
Tolakan dilakukan dengan menumpu terlebih dahulu dengan kedua kaki dan langkah pada saat menumpu ini tidak boleh lebar ataupun dengan suatu loncatan. Setelah menumpu dengan kedua kaki, kemudian diikuti dengan gerakan merendahkan badan dengan jalan menekuk lutut agak dalam serta kedua lengan berada di samping belakang dada. Setelah itu dilanjutkan tolakan kaki ke atas secara eksplosif dan dibantu dengan ayunan kedua lengan dari arah belakang. Setelah kaki menolak ke atas, kedua kaki dalam keadaan rileks, tangan berada di samping atas kepala agak ke belakang dan lengan sedikit lurus, dengan telapak tangan menghadap ke depan kepala kira-kira setinggi telinga. Tangan kiri dalam keadaan rileks ikut menjaga keseimbangan badan. Melompat yang setinggi-tingginya merupakan faktor terpenting dalam gerakan smash normal. Untuk mendapatkan lompatan yang tinggi harus didukung tolakan yang maksimal. Tolakan yang tinggi memberi kemudahan melakukan gerakan di atas net, terutama saat melakukan pukulan dan mengarahkan smash pada sasaran yang tepat. Tolakan akan lebih maksimal apabila didukung awalan yang baik dan tepat. Awalan yang tepat merupakan faktor yang dapat mempengaruhi tolakan. Kemampuan mengkoordinasi gerakan yang tepat antara awalan dan tolakan akan menghasilkan loncatan yang maksimal.

3) Saat memukul bola di atas net
Memukul bola dengan badan sudah berada pada posisi sedikit membungkuk. Otot-otot perut, bahu dan lengan berkontraksi pada saat yang bersamaan. Kontraksinya kuat dan terulang beberapa kali. Kerjasama antara inilah yang menyebabkan lengan terjulur untuk memukul bola. Bila bola telah berada di atas depan dan terjangkau tangan, maka segeralah tangan kanan dipukulkan pada bola secepatnya. Bagian bola yang dipukul adalah bagian atasnya. Pergelangan tangan tidak boleh kaku dan jari-jari tangan sedikit terbuka. Sesudah mengadakan kontak dengan bola, lengan pemukul terus bergerak ke depan dan ke bawah mengadakan gerak lanjut yang sempurna. Perlu diperhatikan disini perkenaan tangan pada telapak tangan dengan suatu gerak lecutan dari lengan atau tangan. Pukulan yang betul akan mengakibatkan bola menjadi topspin serta secepatnya bergerak menurun. Hasil pukulan akan lebih sempurna bila lecutan lengan dan tangan juga diikuti gerakan membungkuk dari togok. Dalam hal ini gerakan lecutan lengan dan togok adalah merupakan suatu kesatuan gerak yang harmonis dan eksplosif.

4) Saat mendarat setelah memukul bola
Setelah bola berhasil dipukul, maka smasher akan segera mendarat. Tahap mendarat adalah pada saat tubuh bagian atas membungkuk ke depan. Kaki di arahkan ke depan untuk mempertahankan keseimbangan. Smasher mendarat dengan kedua kakinya dan dalam keadaan lentur (mengeper) lutut ditekuk sesuai dengan kebutuhan pendaratan tersebut. Tempat pendaratan harus disesuaikan sedekat mungkin dengan tempat melakukan tolakan. Setelah smasher berhasil mendarat kembali segeralah disusul dengan pengambilan sikap siap normal





Posted by Anggar Tombak on 08:15. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami Tim Redaksi Online KawandNews.com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. | Advertise With Us | Info iklan |

Berlangganan Berita:

Dapatkan Breaking News
Langsung di e-mail Anda GRATIS!!



0 komentar for "Pengertian Smash Normal Dan Cara Melakukannya"


Leave a reply


Berita Terbaru


Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Pasang Iklan disini
Pasang Iklan Teks disini Murah Meriah!!!
KawandNews.com

Ads by KawandNews.com

Recently Commented